Tips Memiliki Mobil Tanpa Kredit & Menghindari Riba

Saturday, February 24th 2018. | Keuangan

Kebutuhan akan kendaraan yang nyaman di Indonesia semakin tinggi dengan berkembangnya peradaban, mobilitas yang tinggi, dan luasnya wilayah Indonesia untuk dijelajahi. Selain itu mungkin untuk menuruti gaya hidup. Nah, karena memaksakan diri menuruti nafsu mengikuti tren gaya hidup ini banyak orang yang terjebak hutang, kredit + riba sehingga menambah pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu. Bagi seorang muslim, riba itu haram.

Mobil Murah Suzuki Katana

Suzuki Katana, contoh mobil bekas keren relatif murah (standarnya) dan layak beli.

Nah, tulisan ini dibuat berdasarkan pemikiran penulis, sekedar sharing tips untuk bisa memiliki mobil tanpa harus utang/kredit dengan bunga yang memberatkan khususnya bagi yang penghasilannya pas-pasan. Kalau duitnya banyak kan tinggal beli mobil baru dibayar tunai. hehehe…

Berikut tips, cara memiliki mobil tanpa utang dan riba:
1. Menyadari dengan kemampuan finansial sendiri
2. Menabung untuk membeli mobil bekas pertama
3. Cari mobil bekas bagus yg sesuai kemampuan saat ini. misal baru bisa mengumpulkan 30 juta-an, daripada buat uang muka mobil baru, lebih baik beli mobil bekas yang harganya sekitar itu.
4. Kategori mobil bekas yang boleh dipilih hanyalah mobil dengan merek populer, ketersediaan sparepart banyak & murah, perawatan mudah, harga jualnya stabil, kalau bisa irit bbm dan mudah dijual kembali.
(ingat!! tujuan saat ini bukan mencari mobil untuk dipakai selamanya, hanya sebagai batu loncatan. Kalaupun nanti ternyata cukup puas dengan pilihan sekarang ya malah bagus, gak perlu mikir ganti lagi. hehehe…)
contoh yg layak pilih di harga 30-an juta rupiah : suzuki carry, suzuki katana, kijang super, dll.
5. Hanya beli mobil sesuai kriteria di atas yang kondisinya bagus, normal, terawat dan dengan harga semurah mungkin. (perlu kesabaran untuk mendapatkannya, jangan tergesa-gesa, jangan sampai dapat mobil tak terawat, kalau tidak bisa sendiri minta tolong ke orang terpercaya yang lebih paham)
6. Setelah dapat, rawatlah mobil anda dengan baik dan pelajari sendiri hal2 terkait dengan perwatan mobil seperti mesin, kelistrikan, kaki2, dll. ini akan bermanfaat untuk pengiritan biaya perawatan dan menjadikan kita lebih berpengalaman tentang mobil nantinya.
7. Jangan ditambahi aksesoris aneh atau dibikin neko2 yang menambah pengeluaran tapi malah bisa membuat harga jual kembalinya turun.
8. Tetap menabung untuk naik level. Setelah uang cukup, kita bisa pilih untuk upgrade mobil atau tidak. (banyak orang terlanjur cinta dengan mobil pertamanya, jadi tidak ingin ganti. tabungannya pun bisa dipertahankan untuk kebutuhan lain misal ganti sparepart, nambah aksesoris, modal nikah, pendidikan anak, modal usaha dll… hehehe…)
9. Kalau masih mau upgrade, tetap pilih mobil bekas yang sesuai kriteria di point 3,4,5. jangan melebihi kemampuan saat ini!.
contoh: mobil sebelumnya + uang terkumpul misalnya +/- 30juta bisa dapat Isuzu Panther kapsul, Suzuki Sidekick/Escudo/Vitara lama, Kijang kapsul, dll.
10. Selanjutnya terserah. Anda bisa memilih memakai cara di atas berulang-ulang sampai dapat mobil mahal impian Anda, sampai bosen gonta-ganti mobil atau menggunakan uang Anda untuk hal lain. Tanpa beban hutang & terhindar dari riba, hidup jadi lebih bebas.

Cara di atas sara rasa sudah banyak yang mempraktekkan. Gonta ganti mobil bukan untuk pamer tapi secara bertahap menyesuaikan dengan kemampuan. Cara tersebut mungkin juga bisa diaplikasikan untuk hal lain seperti membeli sepeda motor, dll. Intinya: JANGAN MEMAKSAKAN DIRI. Sabar dan tetap berusaha, semoga hidup kita tentram dan berkah.