Tips Memilih Buah Segar

Saturday, August 24th 2013. | Sumber Gizi & Nutrisi

Memilih Buah yang Baik dan Segar

Salah satu sumber vitamin dan sumber serat yang dibutuhkan oleh tubuh kita adalah buah. Tentunya, buah yang kita pilih adalah buah yang sudah masak juga tidak busuk. Karena jika tidak, alih – alih mendapatkan asupan gizi serta nutrisi bagi tubuh, kita malah sakit karena pencernaan kita terganggu oleh buah yang salah pilih. Memilih buah yang bagus tentunya gampang – gampang susah. Tapi bukan tidak mungkin hal itu dilakukan.
Buah Segar
Berikut adalah hal – hal yang bisa dijadikan pertimbangan saat anda memilih buah.

1. Warna Buah Segar

Pilihlah buah yang sesuai dengan warna yang seharusnya. Semisal, jika buah apel ketika matang berwarna merah terang, maka pilihlah yang berwarna merah terang pula. Kecuali jika itu jenis apel malang yang memang pada waktu matang berwarna hijau muda kekuningan. Anda tentunya cukup bisa untuk membedakan warna pada buah yang sudah matang atau bukan.

2. Kekenyalan Buah Segar

Beberapa buah yang sudah matang dapat dirasakan dengan cara memijit sedikit kulitnya. Jika memang sudah matang biasanya akan lebih lunak daripada yang belum matang. Namun jika terlalu lunak bisa jadi buah tersebut terlalu tua bahkan busuk. Untuk buah yang mengandung banyak air, semacam jeruk,juga sama. Jika cukup kenyal maka jeruk itu sudah matang namun jika terlalu lembek atau terlalu keras maka pertimbangkan dahulu untuk memilih yang lain. Pada beberapa jeruk kulitnya lebih tebal dari pada jenis yang lain. Anda bisa menggenggamnya untuk menguji kekenyalannya, asal jangan terlalu keras tentunya.

3. Aroma Buah Segar

Ciumilah baunya. Kebanyakan buah akan memberikan aroma tertentu jika sudah matang. Dari bau tersebut anda juga bisa mengira – ngira apakah buah itu manis ataupun asam.

4. Berat Buah

Pada beberapa buah, berat buah juga bisa dijadikan indikator kematangan. Anda bisa mengambil dua contoh buah yang sejenis kemudian membandingkan beratnya satu sama lain antara dua tangan. Buah yang semakin masak semakin berat antara lain, papaya, jeruk, dan melon.

5. Musim Buah

Yap, musim. Biasanya ketika musim buah tertentu tiba, maka yang dijual tentunya adalah buah yang memang telah siap panen. Namun jangan dulu terburu nafsu langsung membeli buah yang baru tiba musim panennya, karena biasanya buah tersebut masih bercampur antara yang matang dengan yang masih mentah. Tunggulah dulu barang beberapa hari sebelum ikut memutuskan membelinya. Lagi pula jika memang sedang musimnya harganya pasti turun.

tags: