Rokok dan Bahayanya

Thursday, August 29th 2013. | Gaya Hidup Sehat

Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan

Bahaya Rokok
Rokok telah menjadi konsumsi bagi kebanyakan orang Indonesia. Bahkan, bisa dibilang rokok telah menjadi suatu budaya dalam kehidupan masyarakat kita. Kita banyak menemui perokok dalam berbagai usia mulai dari anak – anak, remaja, hingga dewasa bahkan yang telah mencapai usia lanjut. Banyak alasan yang diberikan oleh para perokok untuk membenarkan tindakannya. Mulai dari, menambah konsentrasi, semangat kerja, memberikan rasa nyaman, sudah terlanjur kecanduan, hingga ke alasan khas anak remaja seperti terlihat gaul, keren, dan macho (bahaya rokok bagi remaja).

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Manusia

Namun sadarkah kita akan bahaya rokok kepada diri perokok dan orang lain? Rokok berbahaya baik bagi kesehatan si perokok sendiri maupun bagi perokok pasif disekitarnya. Pada dasarnya, elemen dasar yang terdapat di dalam rokok adalah nikotin, kemudian ada tar, karbon monoksida (dalam bentuk asap rokok), dan komponen asap lainnya, seperti arsenic, timbel, dan cadmium.

Bahaya Rokok dan Nikotin di Dalamnya

Nikotin adalah yang memberikan efek kecanduan pada otak dan system saraf kita, nikotin sangatlah berbahaya bagi otak kita karena efek dari nikotin perlahan namun pasti dapat merusak jaringan otak, selain itu nikotin juga mampu menurunkan daya ingat seseorang. Sehingga, mungkin bagi beberapa perokok, dapat memberikan efek menenangkan pikiran. Namun sebenarnya, efeknya tidak jauh berbeda dengan zat psikotropika lainnya. Dan efek nikotin dalam rokok secara perlahan namun pasti juga mampu merusak system kerja saraf dan otak kita.

Bahaya Tar pada Rokok

Lalu kemudian tar yang terkandung di dalam asap rokok dapat menyebabkan iritasi pada paru – paru, hingga dapat menyebabkan kangker. Selain itu, asap rokok yang dihasilkan juga akan menghasilkan karbon monoksida dan komponen – komponen asap lainnya, tidak hanya berbahaya bagi si perokok itu sendiri, namun juga bagi para perokok pasif disekitarnya yang ikut menghirup polusi udara yang dihasilkan. Seperti yang telah kita ketahui, karbon monoksida jika terhirup oleh tubuh, dapat meracuni sel darah yang membuatnya tidak mampu mengikat oksigen sehingga dapat menghambat transportasi dalam darah. Karbon monoksida, menurut penelitian medis, juga merupakan salah satu substansi utama yang menjadi penyakit penyakit jantung. Lalu, ada komponen asap lainnya yang juga merupkan substansi yang beracun bagi tubuh, yang dapat menyebabkan masalah – masalah lain seperti masalah pada gigi dan tenggorokan, serta dapat meracuni tubuh kita.

Demikian artikel bahaya merokok bagi kesehatan manusia. Semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat.

tags: