Memasak Sayuran dengan Benar

Friday, August 23rd 2013. | Sumber Gizi & Nutrisi

Cara Memasak Sayuran yang Baik dan Benar

Memasak sayuran terlihat sangat sepele, karena kita tidak terlalu repot dalam mepersiapkan sayuran yang menjadi bahan utamanya, tidak seperti daging misalnya. Namun sebenarnya justru memasak sayuran haruslah lebih berhati – hati, karena bila tidak, zat gizi yang ada dalam sayuran bisa hilang dan akhirnya yang kita makan hanyalah ampas saja, tanpa ada gizinya.
Sayur sayuran

Berikut adalah beberapa cara yang dianjurkan untuk memasak sayuran agar sehat untuk kita konsumsi.

  1. Kulit sayuran, seperti kentang dan wortel, berguna untuk menjaga kandungan gizi di dalamnya agar tidak mudah terlepas. Nutrisi yang dikandung jauh lebih banyak pada kentang yang direbus dengan kulitnya, daripada kentang yang sudah dikupas kulitnya. Jika memang harus dikupas, maka usahakan kupas setipis mungkin untuk menjaga kadar nutrisinya.
  2. Jangan memasak sayuran terlalu lama. Kebanyakan kita memasak sayuran hingga layu. Memang ada sayuran yang harus dimasak hingga layu, namun untuk beberapa sayuran seperti kangkung dan bayam, jika sampai layu justru akan menhilangkan khasiat yang dimilikinya.
  3. Merebus sayuran sebenarnya adalah cara memasak yang sangat tidak dianjurkan, karena banyak vitamin dan nutrisi dalam sayuran yang terlepas dan menguap bersama air yang dipanaskan. Jika harus merebus sayuran, didihkan dahulu air yang akan digunakan untuk merebusnya, setelah mendidih baru masukkan sayurannya, namun ingat, sebentar saja, dan jangan sampai layu.
  4. Jika ingin menumis gunakan sedikit minyak saja, bisa dengan menggunakan minyak sayur diatas penggorengan pipih maupu pada wajan yang melengkung. Jangan terlalu banyak, karena bisa jadi justru vitaminnya berpindah ke dalam minya tersebut.
  5. Masak berdasarkan warna, semakin jika merah seperti wortel misalnya, bisa dimasak sedikit lama untuk membuatnya benar – benar lunak, jika kuning atau putih seperti kentang dan jagung, jangan terlalu lama, dan jika hijau, maka usahakan secepat mungkin dan kalau bisa dengan air yang sesedikit mungkin.
  6. Sajikan saat masih panas, untuk menghindarkan vitamin dan zat gizi lainnya yang ikut menguap.
  7. Atau mungkin bagi anda yang menyukai salad, memakannya tanpa dimasak justru lebih baik. Karena tidak beresiko mengurangi atau bahkan menghilangkan zat gizi pada sayuran. Meski tentunya sayuran yang digunakan masihlah segar dan telah deibersihkan dengan benar.

Sekian tips memasak sayuran dengan benar agar tidak terlalu banyak nutrisi & gizi yang hilang. Semoga cara memasak sayur ini bermanfaat untuk Anda.

tags: