Manfaat Tidur Bagi Kesehatan

Saturday, August 31st 2013. | Gaya Hidup Sehat

Tidur telah menjadi bagian dari hidup kita. Terbagi antara aktifitas saat terjaga hingga tidur untuk mengistirahatkan mata dan tubh. Terkadang, bagi bebarapa anggapan tidur adalah sebuah hal yang lemah. Beberapa orang justru merasa bangga ketika mereka hanya tidur dalam jangka waktu yang sebentar atau bahkan tidak tidur sama sekali selama beberapa hari. Tentu saja, anggapan dan kebanggaan tersebut sebenarnya sungguh konyol dan cenderung tidak masuk akal. Karena, justru tidurlah tubuh kita menerima berbagai manfaat yang tidak bisa didapatkan pada saat kita terjaga.
manfaat tidur

Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

Pada saat kita tertidur berbagai sel di dalam tubuh meregenerasi untuk menggantikan sel – sel yang telah rusak atau pun tidak lagi digunakana, akibatnya daya tahan tubuh kita lebih kuat untuk bertahan dari serangan penyakit. Tidur juga berfungsi untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran kita setelah seharian sebelumnya beraktifitas. Membuat badan dan pikiran kita lebih segar dan lebih terasa cerah. Dan, bebeda dari “teori” kebanyakan, yang mengatakan sering begadang bikin tubuh lebih kurus. Kurus karena sakit – sakitan mungkin iya, tapi justru kurang tidur menyebabkan proses metabolism dalam darah menjadi lebih lambat. Akibatnya justru proses pembakaran energy serta cadangan energy yang berupa lemak melambat dan menyebabkan timbunan lemak yang ada justru bertambah. Selain itu, kurangnya tidur juga berdampak pada otak anda. dengan jatah tidur yang kurang, akan kehilangan daya konsentrasinya. Yang menyebabkan otak tidak bisa optimal dalam menyerap informasi yang diterima. Dengan kata lain, kurang tidur justru akan menurunkan tingkat kecerdasan anda.

Tapi seperti biasa, kita harus ingat kembali kata mutiara untuk hidup sehat. Terlalu banyak kebaikan hanya akan menimbulkan keburukan. Tidur yang dibutuhkan oleh orang normal berkisar antara, 6 sampai 7 jam. Terlalu banyak tidur justru bukannya membuat anda lebih segar, malah membuat anda lemas dan mudah pusing. Karena, pada saat tidur proses metabolism kita menurun, jika terlalu lama tertidur maka tubuh akan “kaget” ketika harus melakukan metabolisme lagi. Maka dari itu, tidur bukan suatu kelemahan, namun juga bukan suatu kemewahan. Tidur adalah kebutuhan hidup dan sudah menjadi bagian dari diri kita selayaknya makan dan bernafas.

tags: