Efek dari Kafein

Tuesday, August 13th 2013. | Gaya Hidup Sehat

Efek Baik dan Buruk Kafein pada Tubuh

Caffeine – Bagi anda yang suka meminum kopi, atau bahkan bagi anda yang justru tidak suka meminum kopi, tentunya kata kafein sudah tidak asing lagi bagi anda. Meski sebenarnya, tentu saja, kopi bukanlah sumber satu – satunya kafein yang ada. Namun bebarapa orang yang suka meminum, dan kebanyakan percaya akan dampak buruknya, (ataupun yang tidak suka meminumnya, bahkan menghindarinya karena takut pada efeknya) efek kafein masihlah simpang siur, bercampur dengan berbagai mitos yang telah beredar. Pada dasarnya kafein membawa dampak yang baik maupun buruk seperti halnya berbagai zat yang dapat dikonsumsi di dunia ini.
Efek Kafein Bagi Tubuh
Berikut adalah kebaikan dan keburukan yang terdapat pada kafein.

Kebaikan Kafein:

Berikut efek baik dari kafein bagi tubuh kita.

  1. Sebagai stimulant pada system saraf dan system saraf pusat dan system metabolic. Sehingga efek yang ditimbulkan anda merasa menjadi lebih bersemangat dan enerjik.
  2. Kafein dapat menjadi antioksidan yang efektif bagi tubuh.
  3. Bagi sebagian orang, kafein dapat menjadi sumber perbaikan untuk meningkatkan mood dalam hati. Karena kafein juga memiliki fungsi relaksasi pada paru – paru, seperti pada obat asma, juga merileks kan beberapa jaringan otot lainnya.
  4. Kopi juga terkadang dipakai untuk meningkatkan fokus, sehingga informasi yang diterima menjadi lebih jelas dan mudah diingat dalam jangka pendek karena stimulasi yang diberikan oleh kafein.
  5. Kafein juga dipercaya sebagai diuretic yang baik, karena kafein membantu tubuh untuk membuang zat – zat yang sudah tidak diperlukan lagi, biasanya dalam bentuk seringnya buang air kecil akrena konsumsi kopi.
  6. Berkat stimulant yang diberikan kafein pada otak, kafein yang dikonsumsi juga dapat meningkatkan kewaspadaan serta menghilangkan rasa kantuk dan kelelahan.
  7. Efek jangka panjang dari kafein juga dipercaya dapat mengurangi resikko terjadinya penyakit Parkinson, diabetes, dan penyakit jantung.

Keburukan Kafein

Berikut ini efek buruk cafein bagi tubuh.

  1. Kafein dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah, yang beresiko menyebabkan terjadinya stroke.
  2. Efek relaksasi pada otot yang diberikan kopi juga beresiko untuk mengurangi kemampuan motorik seseorang. Yang menyebabkan salah satunya tangan yang terasa gemetar atau lemah saat digerakkan.
  3. Bagi beberapa orang, kafein juga merupakan penyebab utama seseorang menderita insomnia, dan perasaan gelisah. Sehingga kafein juga terkadang dikaitkan sebagai pemicu timbulnya stress.
  4. Kafein juga dipercaya sebagai penyebab meningkatkan asam lambung. Sehingga orang yang mempunyai riwayat maag akut sangat tidak dianjurkan untuk meminum kopi.
  5. Efek meningkatnya energy secara seketika, yang diberikan oleh kafein, dikarenakan peningkatan kadar gula dalam darah yang dirangsang oleh kafein. Namun peningkatan gula darah tersebut juga menyebabkan lonjakan insulin pada darah anda, yang pada akhirnya menyebabkan suatu dentaman dula hanya dalam hitungan jam. Serta, karena insulin yang berada dalam tubuh juga berfungsi untuk menyimpan kelebihan gula dalam darah sebagai lemak, kafein juga dipercaya sebagai penyebab kegemukkan.

Mungkin masih banyak lagi efek samping kafein lainnya. Pada akhirnya harus selalu kita ingat rumus yang berlaku dalam menjalani hidup yang sehat. Bahwa sesuatu yang terlalu banyak pada akhirnya akan menimbulkan keburkukan juga. Karenanya konsumsilah kafein sesuai dengan kebutuhan, semisal saat anda membutuhkan stimulant dalam jangka waktu yang pendek, seperti ketika belajar, lembur, mengemudi jarak jauh, dsb.

Caffeine

Formula: C8H10N4O2
Melting point: 238 °C
IUPAC ID: 1,3,7-trimethyl-1H-purine-2,6(3H,7H)-dione 3,7-dihydro-1,3,7-trimethyl-1H-purine-2,6-dione
Molar mass: 194.19 g/mol
Boiling point: 178 °C
Density: 1.23 g/cm³

tags: , ,